Paid Review Indonesia Paid Review Indonesia Paid Review Indonesia
Paid Review Indonesia free web site traffic and promotion

SBY Bantah Pimpin Rapat Pencairan Bailout Century


Pihak Istana membantah pernyataan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar yang menyebut adanya pertemuan sejumlah pejabat negara yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membahas pencairan dana bailout Bank Century sebesar Rp6,7 triliun.

"Yang saya ketahui bahwa apa yang dikatakan pak Antasari Azhar bahwa bapak Presiden disebut memimpin rapat bailout Century atau memprakarsai pertemuan, saya kira itu tidak benar dan perlu diluruskan," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, Jumat (10/8/2012).

Julian tak memungkiri bila memang ada pertemuan tersebut, namun pertemuan tersebut dilakukan oleh SBY dalam kapasitas sebagai kepala pemerintahan atau kepala negara. Tujuan dalam pertemuan tersebut guna membahas agar tidak terjadi tindak pidana atau penyelewengan dalam penanganan krisis saat itu.

"Tidak berarti bahwa itu kemudian diartikan sebagai suatu rapat untuk penanganan bailout Bank Century karena itu memang ditangani khusus. Ada otoritas khusus untuk menanganinya seperti itu," paparnya.

Mantan Dekan FISIP Universitas Indonesia ini menegaskan, pertemuan tersebut tak membahas terkait pencairan bailout Bank Century. "Oleh karena itu, ini perlu diluruskan tidak benar bahwa bapak presiden mengundang Ketua KPK pada saat itu Antashari Azhar untuk membahas penanganan bailout Bank Century," tegasnya.

"Kapasitas beliau sebagai Ketua KPK saat itu juga sudah jelas bahwa dalam hal ini untuk penanganan bilamana ada penyelewengan atau tindak pidana terhadap upaya pemerintah dalam penanganan krisis tahun 2008 lalu," tutur Julian.

Kata Julian, pertemuan kala itu juga diketahui oleh media. Dia menegaskan tak ada yang ditutup-tutupi dari hasil rapat tersebut.

"Tidak ada sesuatu yang ditutup-tutupi apalagi ini menyangkut kebijakan publik upaya pemerintah untuk menyelamatkan negara dari krisis ekonomi global saat itu 2008," katanya.

Sebagaimana diberitakan, mantan Ketua KPK Antasari Azhar mengungkap fakta baru ihwal dugaan korupsi bailout Bank Century. Menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin rapat untuk membahas skenario pencairan dana Rp6,7 triliun untuk Bank Century.

Antasari mengaku diundang Presiden SBY ke istana saat ia masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, pada Oktober 2008.

Sejumlah pejabat tinggi yang hadir antara lain Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supanji, Menko Polhukam Widodo AS, Menkeu Sri Mulyani dan Mensesneg Hatta Rajasa. Selain itu turut hadir Gubernur BI Boediono, Juru Bicara Presiden Andi Mallarangeng, dan Staf Khusus Presiden Denny Indrayana.
Share this article :

Posting Komentar

Review http://review-myblogsites.blogspot.com/ on alexa.com Review http://review-myblogsites.blogspot.com/ on alexa.com
 
Support : Creating Website | elang template | elang Template
Copyright © 2011. elang sites - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by elang Template
Proudly powered by Blogger